Oleh: ecos kcsc | 2 Juli 2012

Menjajal Pengalaman di Kalimantan Selatan

Acara Jambore MTB Nasional ke-4 yang diadakan di Bumi Perkemahan Mandiangin Banjarbaru, Kalimantan Selatan selama dua hari (tanggal 26 sampai 27 Mei 2012) betul-betul memberikan pengalaman baru bagi peserta goweser dari KCSC.

Bukan hanya karena acara itu diikuti hampir 700-an goweser dari berbagai penjuru Kalimantan (beberapa bahkan ada yang dari Pulau Jawa), bukan hanya trayeknya yang variatif, tapi juga karena perjalanan panjang yang harus dilalui sebelum mencapai lokasi acara.

Iringin-iringan KCSC sudah dimulai dua hari menjelang acara. Dengan dua kendaraan penumpang plus satu pick-up bermuatan enambelas sepeda (dan satu peserta menyusul lewat udara), perjalanan panjang terasa menyenangkan. Jalur Pangkalan Bun – Sampit – Palangka Raya – Banjarmasin – dan Banjarbaru menjadi tidak terasa. Apalagi hiburan pentas dangdut dan kambing guling yang diselenggarakan panitia di malam acara, menjadikan lelah selama perjalanan sirna seketika.

Kegiatan jambore sepeda ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi isu pemanasan global yang digalakkan seluruh dunia. Jarak tempuh sepanjang kurang lebih 45 kilometer barangkali tidaklah istimewa, tapi variasi medan yang dilewati betul-betul memberikan pengalaman baru bagi para goweser KCSC. Mulai dari jalan aspal, jalanan berbatu, sampai jalan tanah berdebu dilalap satu-satu. Ditambah lagi latar belakang kebun singkong, gurun berbatu, perkebunan karet, dan bau khas peternakan ayam, sungguh merupakan catatan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Acara yang juga menjadi ajang silaturahmi sesama pesepeda ini dilakukan rutin setiap tahun. Tapi perlu juga mengantisipasi jumlah peserta yang dari tahun ke tahun semakin bertambah. Dengan jumlah mencapai 700an peserta, terjadi penumpukan di trayek-trayek sempit. Ini berakibat kepada bertambahnya waktu tempuh. Apalagi saat start juga termasuk kesiangan akibat acara protokoler yang sebenarnya tidak perlu. Tidak heran ketika lewat tengah hari masih banyak peserta yang baru memasuki garis finish.

Lepas dari itu semua, gowes terus para peserta!     Sampai berjumpa lagi di kesempatan berikutnya!

 


Tanggapan

  1. Reblogged this on pasifo98.


Tinggalkan komentar

Kategori