Oleh: ecos kcsc | 6 Agustus 2011

Arut-Kolam Jilid Dua


Pada 03 Januari 2010 kami pernah gagal menaklukkan jalur Arut-Kolam. Gagalnya dulu karena malamnya turun hujan sehingga jalan menjadi becek. Kemarin (19 Juni 2011) tidak hujan malah memasuki musim kemarau sehingga sisa-sisa pembakaran lahan mengawal di awal perjalanan. Sejak memasuki jembatan Sungai Arut sampai melewati Mendawai Seberang, asap tipis menyelimuti jalur. Untungnya kemudian perlahan-lahan menghilang.

Perjalanan trans kolam sepanjang sekitar 48 km itu terasa komplit. Jalan aspal sampai batas Kampung Mendawai Seberang, dilanjutkan jalan tanah berkerikil, jalan tanah tanpa kerikil, dan akhirnya lintasan jalan setapak mengikuti rintisan tanah hitam dengan akar tanaman mencuat di sana-sini.

Jembatan besi Kotawaringin Lama menandai berakhirnya perjalanan itu. Sekitar pukul sebelas siang semua sudah berdiri tegak di atasnya. Rumah-rumah penduduk di kejauhan membuat segala penat dan capek mendadak sirna. Rombongan sempat beristitrahat di Mesjid Kyai Gede yang merupakan situs sejarah di Kerajaan Kotawaringin Lama – cikal bakal Kotawaringin Barat yang sekarang. Setelah berfoto ria di depan Istana Alnursari yang berdiri sejak tahun 1615, kami masih menyempatkan diri menengok kompleks makam Kyai Gede yang berada tidak jauh dari sana.

Bagaimana dengan perjalan kembali ke Pangkalan Bun?
Sebagian ada yang kembali menggowes menjajal kemampuan betis, sebagian lagi ada yang memanfaatkan sarana transportasi yang tersedia. Bedanya, kalau dulu menggunakan kelotok, sekarang menggunakan speedboat….

 


Tanggapan

  1. mantap bro nanti klau aku plang kampung kita spda sma2

  2. bravo KCSC, ditunggu ulasan selanjutnya..

  3. thaks atas komennya.
    buat iyan fc, silahkan gabung kalu balik kampung.
    buat abi pahri, stay tune on kcsc.

    Bravo buat keduanya!

  4. Pak Ecos dia update dong

    • … iya nih, lagi banyak kerjaan jadi jarang bisa ikutan gowes…. harap maklum aja ya…. atau adit aja deh yang bikin tulisannya, biar pak ecos yang ngedit n nerbitin….


Tinggalkan komentar

Kategori